1 Jam Setelah Bayi Lahir

Image

Detik-detik melahirkan bayi jadi peristiwa yang menakjubkan. Apa yang terjadi selanjutnya? Inilah yang akan Anda temui kemudian.

Ketika lahir, bayi akan dipotong ari-arinya. Tapi Anda bisa mengajukan permintaan jika ingin mengikuti metode Lotus Birth – membiarkan ari-ari putus secara alamiah. Dokter atau perawat akan melap bayi sekadarnya dan ia siap melalui proses inisiasi menyusu dini (IMD).
Mereka akan menelungkupkan bayi di dada Anda untuk mencari puting payudara sendiri dan tidak disodorkan. Proses ini sangat dianjurkan karena dapat menyelamatkan 22% dari bayi meninggal sebelum usia satu bulan.

Setiap bayi berhasil menemukan puting dalam waktu yang berbeda-beda, bisa cepat dan lama. Inisiasi menyusu dini bisa dilakukan oleh ibu dengan persalinan normal dan caesar. Selain itu, kulit Anda yang bersentuhan dengan kulit bayi,  memberi kehangatan yang ia butuhkan.

Jadikan ini sebagai momen pertama yang begitu menakjubkan.  Pada detik-detik ini perasaan Anda akan campur-aduk, gembira, lelah dan mengantuk. Jika Anda melahirkan melalui operasi, bagian yang diiris akan segera dijahit. Semakin cepat dijahit  proses pemilihan pun kian cepat. Rawat luka persalinan ini dengan baik, agar tidak infeksi
Sementara bayi melakukan IMD, Anda  memiliki tugas lain untuk diselesaikan.

Anda harus mengejan kembali untuk mengeluarkan plasenta yang biasanya masih tertinggal di dalam. Proses pengeluaran ini berlangsung antara 10-20 menit.  Anda bisa meminta suami untuk menggendong bayi  dan berdiri tepat di samping Anda.

Bayi Anda juga akan diobservasi dan diberi skor Apgar. Tes Apgar adalah tes cepat yang dilakukan dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan bayi. Saat tes Apgar dokter memeriksa lima tanda  kondisi bayi meliputi denyut jantung, napas, aktivitas otot, gerak refleks dan warna kulit. Skor Apgar antara 1-10, jika skor Apgar di atas 7 maka bayi dalam kondisi sangat sehat. Tapi skor Apgar yang rendah tidak selalu berarti ada sesuatu yang salah dengan bayi. Bayi sehat sering memiliki skor Apgar yang rendah saat pengukuran pertama dilakukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s