6 Jam Pertama Setelah Lahir

6 Jam Pertama Setelah Lahir Ayahbunda.co.id

 

Masih ada kejutan, setelah Anda melewati 1 jam pertama setelah persalinan. Ini adaptasi yang perlu Anda lakukan di 6 jam pertama setelah bayi lahir. 

2-3 jam setelah persalinan, Anda akan merasa lemas karena tenaga terkuras untuk melahirkan bayi. Saatnya mengisi perut. Biasanya rumah sakit akan menyediakan makanan lunak untuk dikonsumsi seperti bubur. Makanan ringan yang di makan pun sebaiknya lunak. Sebab sistem pencernaan masih perlu menyesuikan dengan tubuh Anda yang baru melahirkan.
3-4 jam setelah persalinan, Anda akan merasa tubuh lengket karena keringat. Saatnya Anda untuk mandi. Minta bantuan suami atau bidan saat  berjalan  kamar mandi. Saat itu Anda mungkin akan merasa sedikit goyah karena keletihan. Setelah mandi Anda akan merasa lebih segar. Saat ini Anda bisa mulai  mengenakan BH menyusu dilapisi bantalan payudara agar ASI yang keluar tidak membasahi baju. Gunakan pembalut  menampung sisa cairan atau darah yang keluar dari vagina. Penting menjaga kebersihan organ genital untuk mencegah infeksi. Panduan merawat luka perineum bisa dibaca di sini.
5 jam setelah persalinan, Anda masih merasakan perih pada daerah kewanitaan,  tapi Anda harus buang air kecil. Rasa perih ini lama-lama  akan terasa lebih ringan. Pada saat-saat ini Anda mungkin belum terdorong untuk buang air besar. Tapi jika dalam tempo 2×24 jam pascapersalinan belum BAB, bicaralah kepada perawat atau dokter.
6 jam setelah persalinan, jika Anda merasa semua dalam kondisi baik dan tak ada keluhan, Anda akan dipindahkan dari ruang bersalin ke ruang rawat inap. Saat pindah Anda akan dibantu dengan kursi roda.  Cobalah untuk  mengendong bayi di pangkuan Anda. Namun beberapa rumah sakit tak mengharuskan ibu pindah kamar. Sebab di situ tersedia ruangan yang bisa berfungsi ganda, sebagai ruang bersalin dan sebagai ruang rawat inap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s