Tips Menghadapi Anak Hiperaktif

Image

Tips Menghadapi Anak Hiperaktif

Memiliki anak yang hiperaktif tidakah semudah ketika memiliki anak yang biasa-biasa saja. Anak yang hiperaktif selalu melakukan apa saja di luar dugaan anda sebagai orang tua. Meskipun terkadang membuat anda kewelahan, namun anda harus tetap bersyukur memiliki anak yang hiperaktif. Pasalnya anak anda melakukan banyak hal itu bukan tanpa alasan yang kuat, mereka melkaukan sesuatu itu karena rasa ingin tahu yang mereka miliki sangat tinggi dan mereka cenderung tidak bisa menahan rasa ingin tahu tersebut sehingga diungkapkan dengan aktivitas yang berlebihan. Memiliki anak dengan rasa ingin tahu yang tinggi merupakan kebanggaan, itu artinya anak anda cerdas dan atif, hanya saja sebagai orang tua anda harus selalu mengontrolnya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Lantas bagaimana caranya anda mendidik anak anda yang hiperaktif.

Kurangi Asupan Karbohidrat Bagi Anak Anda
Dengan mengurangi asupan dengan kadar kerbohidrat yang tinggi bkan berarti anda memaksa anak anda untuk diet di usia yang masih kecil. Tujuannya sangat beralasan, kurangi juga penggunaan penyedap rasa seperti micin atau bumbu-bumbu instan lainnya karena hal itu sangat tidak baik untuk pertumbuhan anak anda. Sebagai gantinya anda harus memenuhi asupan kalsium dan magnesium yang banyak terkandung di dalam susu. Dengan memberi anak anda susu secara rutin maka asupan kalsium akan terpenuhi. Selain itu karena anak anda hiperaktif tentu mereka membutuhkan asupan gizi yang lebih dari anak lainnya, jadi biarkan mereka sering makan, toh metabolisme mereka juga lancar karena aktif bergerak.

Jangan Menghukum Anak Anda
Tipe apapun anak anda, baik hiperaktif maupun tidak, menghukum bukanlah langkah yang tepat untuk mendidik anak anda. Seiring dengan pertumbuhan mereka, mereka bisa mengerti apa yang harus mereka lakukan dan tidak. Mereka akan menemukan hukumannya sendiri seiriring dengan keaktifan mereka sendiri. Sebagai contoh ketika mereka aktif bergerak dan akhirnya menjatuhkan barang dirumah anda, anda tidak perlu menghukumnya, cukup ingatkan anak anda bagaimana jika yang jatuh adalah barang kesayangan mereka. Alsannya yaitu mereka tidak akan jera hanya karena hukuman anda, pengalaman mereka sendiri yang bisa membuat mereka jera.

Anak Hiperaktif Bukanlah Anak Nakal
Anda salah jika anda mengkonotasikan anak anda yang hiperaktif dengan kata nakal. Ingat anak hiperaktif bukanlah anak nakal, jika anda mengkonotasikan seperti itu jangan salahkan anak anda jika mereka berontak dan akhirnya justru melawan anda. Layaknya orang dewasa anak anda juga bisa berpikir jika mereka bosan terus menerus di panggil anak nakal. Dengan memeberikan konotasi positif bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan anak anda. Jadi pikirkan dua kali jika anda akan memanggil anak anada sebagai anak yang nakal.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s